Apakah Telur Kutu Rambut Ikut Mati Dengan Shampo?

Sangat mudah untuk panik jika mengetahui bahwa anak Anda memiliki kutu beserta telur kutu rambut. Pikiran tentang parasit kecil di rambut anak Anda dapat menyebabkan kepanikan dan pengambilan keputusan yang terburu-buru.

Mungkin Anda langsung mencari tahu bagaimana cara menghilangkan kutu, apalagi telur kutu yg menempel di rambut. Sebelumnya, mari kita telusuri fakta mengenai kutu rambut:

  • Kutu rambut umum terjadi pada anak-anak berusia antara 3 dan 11 tahun.
  • Hama ini lebih banyak menyerang anak-anak Kaukasia.
  • Mereka lebih sering ditemukan pada anak perempuan daripada anak laki-laki.
  • Kutu dan telur kutu rambut hidup di semua jenis rambut, baik itu keriting, lurus, diwarnai, atau alami.

Untuk merawat masalah kutu rambut dengan benar, Anda perlu memahami dengan benar. Kutu rambut dapat ditemukan dalam satu atau lebih bentuk berikut:

  • Telur kutu rambut (nits) menempel kuat di pangkal rambut. Mereka mungkin terlihat seperti ketombe, tetapi jika Anda memeriksanya dengan kaca pembesar, Anda dapat melihat bahwa telur kutu berbentuk oval dan tidak rata.
  • Telur menghasilkan nimfa, yang berwarna putih keabu-abuan dan melewati tiga tahap sebelum menjadi dewasa.
  • Kutu rambut dewasa berwarna kecokelatan dan dapat terlihat bergerak cepat di sepanjang rambut atau di kulit kepala.

Anda harus memastikan ketiga generasi kutu rambut harus mati, untuk menyingkirkan masalah tersebut selamanya.

Kutu rambut membutuhkan inang manusia untuk bertahan hidup, dimana mereka bisa menetaskan telur mereka. Jika rambut hilang, begitu pula kutu rambut. Meskipun memotong rambut mungkin merupakan solusi yang ekstrim, hal ini mungkin merupakan tindakan yang masuk akal bagi sebagian orang tua. 

Garis pertahanan pertama Anda terhadap kutu rambut adalah perawatan kutu rambut yang dijual bebas yang biasanya tersedia dalam bentuk sampo. Perbedaan utama antara berbagai produk adalah bahan aktif dan tahapan kutu rambut mana yang dibasmi. Sebagian besar perawatan kutu rambut tidak membunuh telur kutu, sehingga aplikasi kedua mungkin diperlukan untuk membunuh nimfa setelah menetas.

Biasanya, perawatan kutu rambut tidak berhasil karena tidak digunakan sesuai petunjuk. Seharusnya Anda tidak akan melihat kutu rambut yang merayap setelah perawatan pertama jika Anda menerapkannya dengan benar. Jika Anda masih melihat kutu hidup, Anda mungkin telah melewatkan satu langkah atau pengobatan tidak efektif terhadap jenis kutu yang dimiliki anak Anda.

Jika tidak ada kutu rambut merayap hidup yang terlihat tiga minggu setelah perawatan, dapat diasumsikan bahwa rambut anak Anda sudah aman. Telur kutu dan cangkangnya mungkin tertinggal di rambut selama beberapa waktu tetapi pada umumnya, mereka sudah tidak dapat hidup.

Banyak resep perawatan kutu rambut yang menargetkan telur kutu bersama dengan kutu rambut dewasa. Jika Anda menggunakan produk seperti ini, Anda tidak perlu menyisir telur kutu, kecuali Anda ingin menyingkirkan cangkang mati.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>