Cara Membersihkan Kulkas Dapat Dilakukan Melalui Langkah Ini

Setiap orang perlu menjaga kesehatan agar dapat melakukan aktivitas sesuai kebutuhan. Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah mengkonsumsi makanan yang sehat. Jika Anda menyimpan makanan sehat di dalam kulkas dan tinggal sendiri, maka Anda sebaiknya pelajari cara membersihkan kulkas.

Cara Membersihkan Kulkas

Seperti benda-benda lain, Anda perlu membersihkan secara rutin. Jika tidak, maka kotoran akan terkumpul di berbagai permukaan benda yang Anda miliki. Oleh karena itu, cara membersihkan kulkas adalah sebagai berikut:

  • Mengeluarkan bahan-bahan dari kulkas

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengeluarkan makanan dan minuman, serta bahan-bahan lain yang ada di dalam kulkas. Setelah Anda melakukan hal tersebut, Anda perlu mengatur bahan-bahan mana yang ingin dibuang atau tidak.

  • Buang bahan-bahan yang tidak diperlukan

Langkah berikutnya adalah membuang bahan-bahan yang tidak diperlukan. Anda juga perlu perhatikan jika masih terdapat sisa makanan atau minuman, namun masih bisa dikonsumsi. Anda dapat membuang bahan yang sudah habis pakai supaya Anda menghemat tempat di dalam kulkas.

Jika Anda menemukan bahan-bahan yang ada di dalam kulkas mengalami perubahan warna atau bentuk, bau, berjamur, dan kedaluwarsa, Anda perlu segera membuangnya ke tempat sampah. Meskipun demikian, mungkin saja ada makanan yang terdapat bagian yang bersih dimana Anda sebaiknya memotong bagian yang kotor untuk dibuang ke tempat sampah, supaya Anda tidak membuang makanan yang bersih.

Anda juga tidak perlu menyimpan sisa makanan atau minuman di kulkas jika bahan tersebut tidak memerlukan suhu dingin untuk disimpan. Anda mungkin perlu menyimpan bahan-bahan tersebut di tempat lain seperti lemari untuk makanan dan minuman.

  • Bersihkan kulkas

Setelah Anda mengeluarkan semua bahan dari dalam kulkas, Anda bisa mulai membersihkannya. Anda perlu menggunakan larutan sabun, cairan pembersih, atau air hangat untuk membersihkan kotoran yang menempel di dalam kulkas.

Jika ada rak atau laci yang bisa dilepas, Anda keluarkan rak atau laci yang ada di dalam kulkas dan cuci dengan air dan sabun. Kemudian, Anda biarkan sampai kering dan bersihkan dengan lap pembersih.

Jika ada rak atau laci yang tidak bisa dilepas, Anda dapat menyekanya dengan lap yang sudah dibasahi larutan sabun atau air hangat. Setelah mencucinya, Anda keringkan dengan lap pembersih.

  • Menaruh kembali bahan-bahan ke dalam kulkas

Setelah membersihkan kotoran di dalam kulkas, Anda kembalikan bahan-bahan ke dalam kulkas. Anda sebaiknya juga mengorganisir bahan-bahan yang ada di dalam kulkas agar Anda tidak bingung mencari bahan yang diperlukan.

Suhu Kulkas

Selain membersihkan kulkas, Anda juga perhatikan suhu yang ada di dalam kulkas, karena suhu dapat menentukan cepat atau lambatnya perkembangan bakteri di dalam kulkas sehingga dapat mengakibatkan makanan atau minuman busuk. Suhu yang ideal untuk menjaga kesegaran makanan atau minuman di dalam kulkas sebaiknya berada di bawah 4 derajat Celsius.

Untuk memastikan suhu di dalam kulkas tetap dingin, Anda dapat membeli termometer. Selain itu, Anda pastikan bahwa kulkas ditaruh di tempat yang jauh dari sumber panas seperti oven. Dengan cara ini, Anda dapat membuat kulkas Anda tetap awet.

Cara membersihkan kulkas sebenarnya mudah. Namun, Anda perlu melakukannya secara rutin supaya Anda menjaga makanan atau minuman yang ada di dalam kulkas dengan baik. Selain itu, jika kulkas Anda mulai tidak bekerja dengan baik, maka Anda perlu segera menggantikannya dengan yang baru.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>