Dapatkan Protein Dari Makanan Vegetarian Berikut Ini

Yang menjadi kekhawatiran bagi mereka yang sedag berusaha untuk makan makanan vegetarian adalah kurangnya asupan protein bagi tubuh. Akan tetapi, banyak ahli setuju bahwa diet vegetarian (ataupun vegan) yang direncanakan dengan baik dapat menyediakan Anda dengan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun demikian, beberapa makanan berbahan tanaman tertentu menyediakan protein dalam jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Diet tinggi protein dapat meningkatkan kekuatan otot, membuat Anda merasa lebih kenyang, dan mendukung penurunan berat badan. Artikel ini akan membahas beberapa jenis makanan vegetarian yang mengandung banyak protein.

Tahu, Tempe, dan Edamame

Edamame, tahu, dan tempe merupakan makanan vegetarian yang kaya akan protein. Semuanya berasal dari kacang kedelai, yang mana merupakan sumber protein terbaik. Konsumsi tahu, tempe, dan edamame dapat menyediakan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Edamame merupakan kedelai yang masih muda dengan rasa yang manis dan sedikit terasa seperti rumput. Edamame perlu direbus atau dikukus sebelu dikonsumsi, dan dapat langsung dimakan sebagai camilan sehat ataupun ditambahkan ke dalam sup dan dijadikan salad. Tempe dibuat dengan cara memasak kacang kedelai dan melakukan proses fermentasi. Sementara itu, proses pembuatan tahu hampir mirip dengan pembuatan keju. Baik tahu dan tempe dapat digunakan untuk berbagai macam resep makanan, mulai dari sup hingga burger. Semua makanan vegetarian tersebut mengandung zat besi, kalsium, dan protein. Edamame juga kaya akan kandungan folat, vitamin K, dan serat. Di sisi lain, tempe mengandung probiotik, vitamin B, dan mineral seperti magnesium dan fosfor dalam jumlah yang banyak.

Susu kedelai

Susu yang terbuat dari kacang kedelai dan diperkaya dengan vitamin dan mineral merupakan alternatif pengganti susu sapi yang baik. Tidak hanya mengandung 7 gram protein dalam 240 ml, susu kedelai juga merupakan sumber kalsium, vitamin D, dan vitamin B12 yang melimpah. Namun, penting untuk diingat bahwa susu kedelai dan kacang kedelai tidak mengandung vitamin B12 secara alami. Sehingga, memilih produk susu kedelai yang diperkaya dengan vitamin B12 sangat direkomendasikan. Susu kedelai banyak dijumpai di supermarket. Produk ini merupakan produk yang sangat versatile, dalam artian dapat dikonsumsi dan diminum langsung atau dijadikan campuran masakan atau resep kue. Sangat direkomendasikan untuk Anda memilih varian kacang kedelai yang tidak mengandung pemanis tambahan guna menjaga asupan gula tambahan tetap minimal.

Kacang dan biji-bijian lain

Kacang, biji-bijian, dan produk-produk lain yang terbuat dari keduanya merupakan sumber protein yang sangat baik. Dalam 28 gram kacang atau biji-bijian mengandung 5 hingga 7 gram protein, tergantung dengan jenis kacang dan biji tersebut. Kacang dan biji-bijian juga merupakan sumber serat dan lemak sehat yang baik. Selain itu, kedua sumber makanan tersebut mengandung zat besi, kalsium, magnesium, selenium, fosfor, vitamin E, dan beberapa jenis vitamin B. Kacang dan biji-bijian juga mengandung antioksidan. Saat Anda memilih kedua sumber makanan tersebut, penting untuk diingat bahwa memanggang dan membakar keduanya dapat merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Anda juga direkomendasikan untuk memilih mentega kacang alami untuk menghindari minyak, gula, dan garam berlebih.

Defisiensi protein di antara para vegetarian dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan vegetarian kaya protein di atas. Makanan-makanan tersebut juga dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan asupan protein untuk berbagai macam alasan lain, misalnya meningkatkan masa otot.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>