sifat hingga pekerjaan yang tepat untuk kepribadian istj

Karakteristik Kepribadian ISTJ dan Jalur Karier yang Cocok

Kepribadian ISTJ (introversion, sensing, thinking, judgment) adalah kode empat huruf yang mewakili satu dari 16 tipe kepribadian yang ditemukan dalam Myers-Briggs Personality Indicator (MBTI). Umumnya, orang yang memiliki tipe kepribadian ISTJ cenderung tenang, pendiam, serius, dan praktis. Mereka juga sangat menikmati hal-hal yang teratur di semua bidang kehidupan, termasuk rumah, pekerjaan, dan keluarga. Pribadi ISTJ akan menghargai kesetiaan, baik itu pada diri sendiri maupun orang lain.

Karakteristik utama kepribadian ISTJ

Ada 3 karakteristik utama orang dengan kepribadian ISTJ, yaitu:

  1. Perencana.

Orang berkepribadian ISTJ suka merencanakan segala sesuatu dengan cermat sebelumnya. Hal ini jelas terlihat karena mereka sangat menyukai hal-hal yang diatur dengan baik dan sangat memperhatikan dengan detail. Apabila ada sesuatu hal yang berantakan atau tidak berjalan sesuai dengan rencananya, tipe kepribadian ini mungkin sulit untuk beristirahat dengan tenang sampai semuanya bisa berjalan dengan benar dan selesai.

  1. Bertanggung jawab dan realistis. 

Tipe kepribadian ini cenderung mengambil pendekatan logis untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan suatu proyek. Mereka juga mampu bekerja dengan kecepatan tetap, fokus, dan tidak mudah terdistraksi oleh gangguan luar saat menyelesaikan semua tugasnya. Oleh sebab itu, mereka sering digambarkan sebagai orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.

  1. Berlandaskan pada hukum dan tradisi. 

Mereka lebih suka mengikuti aturan dan prosedur yang telah berlaku atau ditetapkan sebelumnya. Dalam beberapa kasus, kepribadian ISTJ mungkin terlihat kaku dan pantang menyerah pada keinginan mereka untuk mempertahankan struktur menurut hukum atau tradisi tertentu.

Hubungan personal pada kepribadian ISTJ

Jika Anda merupakan orang yang memiliki kepribadian ISTJ, mungkin Anda akan lebih suka menghabiskan waktu sendirian atau dengan kelompok kecil yang berisi teman-teman dekat. Orang dengan tipe kepribadian ini biasanya sangat setia dan mengabdi pada keluarga dan teman, tetapi mungkin mengalami kesulitan untuk memahami emosi mereka sendiri dan perasaan orang lain. 

Mereka juga bisa menjadi sangat pendiam dan terkadang, gagal menangkap sinyal emosional dari orang lain. Namun, begitu mereka dekat dengan seseorang dan memahami perasaan dan kebutuhan orang tersebut, mereka akan berupaya keras untuk mendukung kebutuhan tersebut.

Kira-kira, jalur kariernya seperti apa, ya?

Ternyata, tidak semua jalur karir cocok untuk kepribadian ISTJ. Mengingat tipe kepribadian ini sangat mencintai keteraturan, mereka cenderung dapat bekerja lebih baik di dalam lingkungan belajar atau kerja yang memiliki struktur, jadwal, dan tugas yang jelas. Saat mempelajari hal-hal yang baru, orang berkepribadian ISTJ akan berupaya sebaik mungkin saat materi yang dipelajari adalah sesuatu yang dianggap berguna dan dapat diaplikasikan di dunia nyata. 

Bentuk informasi konkret dan faktual tentu akan menarik bagi ISTJ, tetapi tidak dengan informasi yang bersifat teoritis dan abstrak. Ini akan bernilai kecil, kecuali mereka dapat melihat beberapa jenis penggunaan praktis di dalam informasi teoritis tersebut. Terlebih lagi, mereka tidak akan membuang-buang waktu dan energi untuk hal-hal yang dianggap tidak berguna atau tidak praktis.

Berikut beberapa karier populer bagi orang berkepribadian ISTJ, mencakup:

  • Akuntan.
  • Programmer komputer.
  • Dokter gigi.
  • Dokter.
  • Pustakawan.
  • Pengacara.
  • Petugas polisi atau detektif.
  • Pemimpin militer.

Jadi, kepribadian ISTJ cenderung berhasil dalam dunia karier yang membutuhkan keteraturan, terstruktur, dan ketekunan. Jenis pekerjaan yang banyak berurusan dengan fakta dan angka konkret, seperti akuntansi, ilmu perpustakaan, pemrograman komputer, dan sejenisnya, adalah pilihan yang cocok untuk tipe kepribadian ini.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>