Keju Feta Atau Acar Keju

Feta adalah keju lunak yang terbuat dari susu domba utuh atau kombinasi susu domba dan susu kambing. Di Yunani, Feta diawetkan dengan air garam asin. Dikenal sebagai acar keju, rasa dari keju Feta akan menjadi lebih tajam dan asin seiring bertambahnya usia dan keju menjadi lebih kuat.

Keju Feta berwarna putih krem ​​dengan lubang kecil dan tekstur yang rapuh. Pada umumnya, keju Feta datang dalam bentuk persegi tanpa kulit, tetapi Anda juga dapat menemukan keju Feta dengan tekstur pre-crumbled yang dikemas dalam wadah kedap udara tanpa air garam dan dengan atau tanpa bumbu tambahan.

Di Yunani, metode produksi tradisional keju Feta dimulai dengan penambahan rennet dan kasein ke susu domba, susu kambing, atau campuran keduanya yang dipasteurisasi atau mentah. Ketika susu mengental, dadih dipotong dan ditempatkan untuk mengalirkan kelebihan whey dalam cetakan. Lalu, pembuat keju akan memotong Feta menjadi blok-blok yang lebih kecil (feta berarti “mengiris” dalam bahasa Yunani), kemudian digarami dan dikeringkan selama dua hari sebelum direndam ke dalam air garam, di mana keju Feta akan menua selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Biasanya keju Feta sendiri dijual dalam bentuk balok, karena Feta dikirim dengan penyegelan atau dalam bak berisi air garam. Hal ini untuk memastikan bahwa keju tetap segar dan matang penuh sampai digunakan.

Bagaimana cara untuk menambahkan keju Feta dalam diet harian Anda? Tekstur keju Feta mudah hancur, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk dimasukkan dalam salad dan sebagai alternatif untuk mozzarella parut pada pizza dan roti. Selain itu, rasa keju Feta juga enak untuk ditaburkan di atas segala jenis sayuran panggang.

Ketika menggunakan keju Feta dalam makanan yang tidak dimasak, seperti makanan pembuka, biarkan keju dalam suhu ruangan untuk mendapatkan rasa terbaik. Feta akan melembut dalam hidangan panas tetapi tidak sepenuhnya meleleh, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk menambahkan tekstur dan rasa dalam casserole panggang, kue-kue gurih. Anda juga bisa menggunakannya keju Feta dalam quiche atau resep pai gurih lainnya.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari keju Feta:

  • Lebih mudah dicerna

Keju Feta jauh lebih mudah dicerna dan lebih sedikit menyebabkan alergi serta memiliki anti-inflamasi, karena itu baik untuk orang yang sedikit alergi terhadap susu.

  • Kadar lemak lebih rendah

Keju feta lebih rendah lemak dan kalori dibandingkan dengan banyak jenis keju lainnya.  Keju Feta memiliki 21 gram lemak (per 100 gram), sedangkan keju cheddar di sisi lain memiliki 33 gram lemak, sementara parmesan memiliki 29 gram lemak total, dan kebanyakan dari lemak tersebut adalah jenuh.

  • Sumber Protein

Selain lemak dan kalsium yang baik, Feta juga bisa menjadi sumber protein yang baik. 

  • Sumber vitamin yang baik

Keju Feta juga bisa menjadi tambahan yang berharga untuk diet Anda jika Anda ingin menambah vitamin dari sumber lain selain buah-buahan karena Feta kaya akan Vitamin B6, Vitamin A, dan Fosfor.

  • Probiotik Luar Biasa

Feta dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan usus Anda. Feta mengandung banyak probiotik seperti Lactobacillus casei, L. paracasei, L. plantarum, L. rhamnosus, L. coryneformis, Lactobacillus curvatus, L. brevis, dan sejenisnya yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

  • Baik untuk kesehatan tulang

Terbuat dari susu kambing, feta adalah salah satu sumber kalsium dan kalium yang paling sehat, seperti setiap produk susu lainnya, kaju Feta dapat meningkatkan kesehatan tulang secara signifikan.

Dengan tekstur kasar dan rasa yang asin, keju Feta dapat dinikmati sebagai bagian dari salad, roti lapis atau makanan lainnya, keju ini juga dapat dimakan sendiri dengan minyak zaitun dan ditaburi dengan rempah-rempah aromatik seperti oregano. Tetapi pastikan Anda tidak mengkonsumsi keju Feta secara berlebihan, karena kelebihan apapun itu akan berdampak buruk bagi tubuh. Selain itu, kandungan natrium dalam Feta juga dapat memicu kadar kolesterol darah Anda, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>