Manfaat Minyak Sereh untuk Perawatan Kulit

Minyak sereh, si wangi yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Sebagian besar orang mungkin hanya akan memanfaatkan sereh sebagai bumbu masakan. Pasalnya kebanyakan dari kita tidak pernah menduga bahwa sereh juga memiliki begitu banyak manfaat lain. Ketika diolah dan dikemas sebagai minyak esensial, minyak sereh ternyata memiliki manfaat tersembunyi untuk kesehatan, dan kecantikan.

Minyak sereh biasanya digunakan sebagai aromaterapi untuk meredakan nyeri otot, membunuh bakteri, menangkal serangga, mengurangi rasa sakit pada tubuh, dan membantu sistem pencernaan Anda. Ternyata, selain memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan ternyata minyak sereh juga bisa digunakan sebagai skincare.

Minyak sereh adalah pembersih yang efektif untuk semua jenis kulit; sifat antiseptik dan astringentnya membuat kulit  merata dan bercahaya, serta dapat digunakan sebagai rutinitas perawatan kulit alami Anda. Selain itu minyak sereh juga dapat mensterilkan pori-pori, berfungsi sebagai toner alami, dan memperkuat jaringan kulit. Dengan mengoleskan minyak ini ke rambut, kulit kepala, dan tubuh, Anda juga dapat meringankan sakit kepala atau nyeri otot.

Berikut manfaat yang Anda bisa dapatkan ketika memasukkan minyak sereh pada skin care routine Anda:

  • Mengatasi kulit berminyak

Salah satu manfaat kecantikan terbesar dari minyak atsiri sereh organik adalah bagaimana ia dapat membantu mengurangi dan mengontrol minyak pada kulit Anda. Oleh karena itu kandungan minyak sereh ini digunakan dalam produk perawatan kulit sebagai zat alami untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit.

  • Meremajakan kulit

Banyak penelitian telah menemukan bukti yang mendukung efek menenangkan dari minyak esensial aromaterapi pada tubuh dan pikiran. Dan aroma yang menyegarkan dari minyak sereh ini menjadi pilihan yang tepat untuk melemaskan indera dan memanjakan kulit Anda.

  • Mengobati masalah jerawat

Selama berabad-abad, sereh telah digunakan sebagai obat alami untuk mencegah infeksi dan menyembuhkan luka. Penelitian ilmiah telah mendukung keyakinan historis ini bahwa sereh memiliki kualitas antibakteri yang mana saat ini digunakan sebagai formula perawatan kulit. Kandungan yang dimiliki menjadikan minyak sereh ini sebagai alat yang hebat untuk memerangi bakteri penyebab jerawat.

  • Sebgai antioksidan

Antioksidan baik untuk Anda karena membantu menetralisir radikal bebas yang dapat merusak dan membahayakan kulit Anda. Sebagai antioksidan alami, minyak sereh merupakan penangkal yang ampuh dalam perang melawan radikal bebas.

  • Memurnikan kulit

Minyak sereh ini memiliki sifat memurnikan yang membuatnya sempurna untuk perawatan kulit. Anda bisa mengaplikasikan minyak sereh ini sebagai pembersih untuk membantu menghilangkan kotoran, mendetoksifikasi kulit dan membuatnya terasa bersih dan bercahaya.

  • Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Berkat khasiatnya yang menenangkan dan menyegarkan, aroma yang wangi dari minyak sereh ini dapat membantu Anda tertidur lelap di malam hari yang lebih damai dan terasa lebih nyenyak. Tidur nyenyak amat bagus bagi kesehatan kulit.

  • Merawat kulit kepala

Minyak sereh dapat memperkuat folikel rambut Anda, jadi jika Anda sedang berusaha untuk mengatasi kerontokan rambut atau kulit kepala yang gatal dan teriritasi, Anda bisa gunakan minyak sereh untuk memijat kulit kepala. Kandungannya yang menenangkan dan dapat membunuh bakteri akan membuat rambut Anda berkilau, segar, dan bebas bau.

  • Aroma yang menenangkan

Memiliki aroma seperti jeruk segar, minyak esensial sereh organik ini telah menjadi pilihan yang tepat untuk ditambahkan ke produk kecantikan karena aromanya yang menarik dan tajam dapat menenangkan kulit Anda.

Sebelum menggunakan minyak sereh, alangkah baiknya Anda menggunakan skin patch untuk menguji minyak terlebih dahulu dan menentukan apakah Anda memiliki sensitivitas terhadap minyak tersebut. Selalu uji sensitivitas kulit sebelum digunakan secara ekstensif. Mengoleskan minyak esensial ke bagian tubuh yang lebih besar dapat menyebabkan sensitisasi kulit.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>