Oralit untuk Bayi Ternyata Aman

Oralit atau LGG adalah kepanjangan dari Larutan Gula Garam. Hal ini merupakan solusi elektrolit oral yang diberikan untuk anak atau bayi dan orang yang mengalami dehidrasi karena kehilangan cairan tubuh dalam kondisi seperti diare dan muntah.

Meskipun diare pada anak-anak biasanya membaik dengan sendirinya, kondisi ini menyebabkan hilangnya air dan garam di tubuh. Keseimbangan garam dan air yang tepat penting bagi tubuh untuk bekerja secara sehat. Jika anak Anda kehilangan terlalu banyak air, ia mungkin mengalami dehidrasi. 

Dalam kasus yang parah, hal ini bisa berbahaya, terutama pada bayi, ketika sulit untuk melihat tanda-tanda dehidrasi. Bayi Anda mungkin mengalami dehidrasi jika mengalami salah satu gejala berikut:

  • Lebih sedikit popok basah, popok yang lebih ringan dari biasanya, atau anak yang lebih besar kencing berkurang atau lebih jarang dari biasanya.
  • Bayi atau anak kurang aktif dari biasanya dan menjadi mengantuk
  • Mulut kering
  • Menangis tanpa air mata
  • Terdapat titik lunak cekung di bagian atas kepala bayi.

Sebenarnya, oralit untuk bayi tidak mengobati diare itu sendiri, tetapi menggantikan garam dan air yang hilang pada bayi atau anak Anda, untuk mengurangi efek dehidrasi.

Pada umumnya, oralit tersedia dalam bentuk bubuk oral. Oralit sendiri biasanya diberikan setelah setiap anak atau bayi Anda mengalami diare. Biasanya dokter Anda akan menghitung jumlah dosis yang tepat untuk bayi Anda. Namun, jika Anda membeli dari apotek, biasanya dosis akan ditampilkan pada label obat.  

Sangat penting bahwa Anda mengikuti instruksi dokter Anda mengenai berapa banyak oralit yang harus diberikan untuk bayi atau anak Anda.

Untuk bayi berusia di bawah 1 tahun, Anda harus menggunakan air matang 200 mL dan tuangkan isi sachet oralit, lalu aduk rata sampai semua bubuk habis dan campurannya bening atau hanya sedikit keruh. Pastikan bayi atau anak Anda minum dosis penuh yang dibutuhkan. Jika mereka tidak bisa meminumnya sekaligus, mereka dapat meminumnya sekitar 30 menit.  

Perlu diingat, oralit yang telah Anda campur dengan air tetapi belum digunakan harus dibuang setelah satu jam (kecuali disimpan dalam lemari es, di mana garam tersebut dapat disimpan selama 24 jam). 

Biasanya, oralit mulai bekerja dengan cepat dan dehidrasi biasanya membaik dalam 3 hingga 4 jam. Anda tidak akan membahayakan anak atau bayi Anda dengan memberikan terlalu banyak oralit.

Pada umumnya, orang tua dan dokter menggunakan obat-obatan untuk membuat anak atau bayi Anda menjadi lebih baik, tetapi kadang-kadang mereka memiliki efek lain yang tidak diinginkan. Oralit tidak sering memiliki efek samping, baik untuk bayi atau anak Anda. Namun, jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa dan khawatir, segera hubungi dokter Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>