Perhatikan Hal ini Sebelum Memilih Daycare untuk Bayi

Bagi para orang tua yang memiliki bayi dan tengah disibukkan dengan pekerjaan, salah satu alternatif pilihan mereka adalah memanfaatkan daycare. Daycare merupakan tempat pengasuhan dan perawatan bayi yang banyak dan sudah menjamur di berbagai tempat. Saking banyaknya, para orang tua tentu memerlukan tips memilih daycare dengan tepat.

Terdapat banyak tipe daycare, sebagian yang ada bahkan dapat menerima bayi yang masih berumur enam minggu. Meskipun kebanyakan daycare menerima balita dengan usia yang memasuki Taman Kanak-kanak atau TK. Daycare yang lengkap bisa saja memberikan kegiatan tambahan seperti pelatihan musik dan seni.

Tips Memilih Daycare Terbaik

Memilih daycare harus sesuai standar perawatan dan pengasuhan berkualitas tinggi, hal ini tak lepas dari perkembangan anak. Di tahun-tahun awal perkembangan otak bayi dan anak merupakan hal yang sangat penting. Dengan peran daycare terbaik, perkembangan balita juga akan terjaga dengan baik, berikut ini beberapa panduan memilih daycare terbaik.

  • Punya Izin Khusus

Tempat pengasuhan balita atau daycare yang terpercaya tentu sudah memiliki izin dalam pengelolaannya. Poin ini sangat penting ketika para orang tua memilih daycare guna memastikan keamanan anak-anak. Kemudian, penting untuk mengetahui bagaimana pengelola daycare memahami cara menangani keadaan darurat,

  • Punya Reputasi Baik

Tentunya reputasi merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui bagi para orang tua, daycare yang berkualitas dan baik memiliki tempat nyaman dan lingkungan pengasuhan yang ramah. Jika perlu sempatkan untuk berada di tempat daycare dalam beberapa waktu agar mengetahui kondisi lingkungan, kesan orang tua terhadap daycare sangat penting.

  • Punya Pengasuh Profesional Bertanggung Jawab

Staf daycare menjadi hal yang penting selanjutnya, dengan memiliki perawat yang profesional dan bertanggung jawab tentu kondisi balita bisa dikatakan aman dan terjaga. Pengasuh berpengalaman dan memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai juga menjadi pertimbangan yang harus dipikirkan oleh para orang tua.

  • Peraturan

Daycare atau tempat pengasuhan bayi harus bersifat flesibel terkait dengan waktu antar dan jemput balita atau anak yang disesuaikan dengan aktivitas serta kegiatan orang tua. Daycare yang baik biasanya memiliki aturan yang jelas dalam segala hal, di mulai dari jam operasional hingga cara penanganan keadaan darurat.

  • Struktur Jadwal Teratur

Pengasuhan bayi harus memiliki jadwal yang terstruktur dan teratur dalam berbagai kegiatan anak, misalnya seperti aktivitas fisik, istirahat, makan dan bermain. Harus dapat dipastikan daycare memiliki batasan dan aturan ketika memberlakukan waktu untuk belajar atau bermain, seperti misalnya menonton film atau video yang sesuai dengan usia anak.

  • Kebersihan Terjaga

Kebijakan kebersihan menjadi salah satu yang wajib dipenuhi dalam memilih daycare, para orang tua harus memperhatikan kondisi kebersihan dari fasilitas yang dimiliki oleh tempat pengasuhan bayi tersebut. Beberapa di antaranya bisa dilihat kebersihannya adalah lantai, dinding, dapur hingga toiler dari tempat pengasuhan.

  • Makanan Sehat

Yang terakhir dan yang paling terpenting bagi balita adalah daycare mampu menyediakan konsumsi makanan sehat dan sesuai dengan umur balita atau anak. Jika anak memiliki alergi, wajib untuk memberitahu kepada pengelola daycare sehingga nantinya kondisi anak tetap pada keadaan yang aman dan sehat tanpa terdapat gangguan.

Sedikit penjelasan di atas merupakan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menentukan tempat pengasuh anak. Tips memilih daycare di atas merupakan yang paling direkomendasikan bagi para orang tua ketika bingung memilih tempat pengasuhan untuk anak yang terpercaya dan berkualitas.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>