Rapid Test COVID 19: Di mana dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Setelah berbulan-bulan hidup di tengah pandemi COVID-19, semakin banyak pelayanan rapid test COVID 19 yang ditawarkan oleh berbagai fasilitas kesehatan, seperti klinik maupun rumah sakit.

Rapid test COVID 19 ini dilakukan sebagai deteksi awal ada tidaknya virus Corona dalam tubuh seseorang. Pelaksanaan rapid test COVID 19 di Indonesia menggunakan sampel darah untuk mengetahui kadar antibodi imunoglobulin terhadap virus dalam tubuh. Pengertian antibodi itu sendiri, yaitu protein khusus yang terbentuk oleh sistem kekebalan tubuh manusia yang mampu melawan bakteri, virus, dan benda asing lain. 

Terdapat dua jenis rapid test COVID-19, yaitu:

  • Rapid test COVID-19 Immunoglobulin G (IgG)

Rapid test IgG akan mendeteksi jenis antibodi yang paling umum ditemukan dalam darah dan cairan tubuh lain. Jenis antibodI IgG dapat menyimpan Riwayat bakteri atau virus yang pernah menginfeksi tubuh, sehingga ia mampu melindungi tubuh terhadap kemungkinan infeksi di masa depan.

  • Rapid test COVID-19 Immunoglobulin M (IgM)

Antibodi IgM diproduksi setelah tubuh terkena paparan bakteri maupun virus untuk yang pertama kalinya. Artinya, antibodi ini adalah perlindungan yang pertama kali diproduksi tubuh terhadap adanya infeksi.

Ketika tubuh terinfeksi virus atau bakteri untuk yang pertama kali, kadar IgM akan meningkat. Kadar ini akan berangsur menurun, di saat yang bersamaan kadar IgG akan meningkat untuk memberikan perlindungan dalam jangka panjang pada tubuh dari ancaman infeksi.

Bagaimana rapid test COVID 19 dilakukan?

Telah disebutkan bahwa pelaksanaan rapid test COVID 19 ini menggunakan sampel darah pasien. Prosedur pengambilan darah selengkapnya, seperti:

  • Sterilisasi area pengambilan darah oleh tenaga medis menggunakan cairan antiseptik yang berguna untuk membunuh kuman dan mencegah risiko infeksi.
  • Lengan atas pasien akan diikat menggunakan perban elastis, sehingga darah dapat terkumpul dan pembuluh darah vena dapat lebih mudah ditemukan.
  • Ketika pembuluh darah vena telah ditemukan, darah akan diambil dengan menggunakan jarum steril ke pembuluh darah. 
  • Di belakang jarum suntik telah disiapkan tabung khusus.
  • Jika jumlah darah telah mencukupi, jarum akan dilepas dan area bekas suntikan akan ditutup menggunakan perban.

Selain menggunakan jarum suntik seperti yang disebutkan di atas, rapid test COVID 19 juga dapat dilakukan dengan kapiler ujung jari, seperti tes golongan darah.

Di mana rapid test COVID 19 dapat dilakukan?

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari tempat untuk melakukan rapid test COVID 19 di sekitar lingkungan Anda, SehatQ dapat membantu Anda mendaftar rapid test. Salah satu mitra yang bekerja sama dengan SehatQ, yaitu Lab Klinik Kimia Farma.

Kabar baiknya, Anda dapat melakukan rapid test COVID 19 dengan harga promo dari 750 ribu menjadi 150 ribu di seluruh outlet/cabang Laboratorium Klinik Kimia Farma seluruh Indonesia.

Ada pun cara mendaftar rapid test COVID 19 di SehatQ, yaitu:

  1. Lakukan cek risiko COVID-19 maupun fitur chat dokter yang tersedia di aplikasi maupun website SehatQ untuk mendapatkan rujukan ke fasilitas rapid test terdekat dari lingkungan Anda.
  2. Customer service SehatQ akan membantu Anda untuk melakukan pendaftaran. Konfirmasi jadwal rapid test akan dikirimkan melalui WhatsApp.
  3. Datang ke lokasi rapid test COVID-19 sesuai dengan yang telah ditentukan.
  4. Hasil rapid test COVID 19 akan dikirimkan melalui e-mail/Whatsapp/SMS sehari setelah tes dilakukan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>